Monday, May 30, 2011

Wisata Indah Pantai Lampuuk , di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar

A. pendahuluan

Pantai ini cukup indah dan dapat digunakan sebagai tempat berenang, berjemur di pasir putih, memancing, berlayar, menyelam dan kegiatan rekreasi lainnya. Pantai Lampuuk terletak di pantai barat Aceh. Dari Banda Aceh kurang lebih 17 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu kurang dari 30 menit. Sayangnya pantai yang cukup terkenal dan menjadi tempat wisata favorit penduduk Aceh tersebut musnah tersapu Tsunami.

Sebelum gempa bumi dan tsunami pada 26 Desember 2004, Pantai Lampuuk menjadi salah satu objek wisata favorit di Aceh. Rimbun pohon pinus tumbuh di sepanjang pantai dengan hembusan angin pantai segar. Ada banyak tempat untuk makan vendor ikan segar yang siap dipanggang dan dinikmati oleh pengunjung pantai langsung.

Tidak seperti setelah tsunami, pantai terlihat sepi, kurang terawat dan banyak yang menumbangkan pepohonan pinus yang terkena dampak tsunami. Namun, pantai ini mulai baik lagi dikelola oleh pemerintah. Pada akhir pekan atau hari libur banyak pengunjung yang datang untuk rekreasi. Staf Khusus organisasi non-pemerintah (LSM) internasional yang bertugas di Aceh, banyak dari mereka bersantai berselancar dan berlayar. Selain itu, informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung merupakan zona terlarang untuk aktivitas berenang, karena pusaran gelombang yang terlalu berbahaya.
Sekitar pantai berdiri, megah pabrik semen Andalas yang telah mengalami kerusakan parah yang disebabkan oleh gempa dan tsunami. Dekat pantai juga terlihat sebuah masjid agung putih - satunya bangunan yang masih utuh ketika tsunami terjadi di wilayah ini dan telah ditetapkan oleh pemerintah daerah sebagai monumen tragedi tsunami. Masjid ini terletak di sebuah kompleks perumahan yang dibangun setelah tsunami pemerintah Turki.

B. Keistimewaan

Lampuuk sangat indah pantai dengan pasir putih. Di pantai ini wisatawan dapat berenang, berjemur, memancing, berlayar, selancar, menyelam dan kegiatan rekreasi lainnya. Di daerah pantai terdapat Padang Golf Seulawah dengan latar belakang panorama laut. Pada malam hari pantai ini lebih indah dan penuh pesona. Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam yang indah, sehingga memberikan suatu kenikmatan yang tak terlupakan.

C. Lokasi

daerah Lampuuk terletak di pantai barat Aceh di ujung pulau Sumatera. Dia berada di kabupaten Lhoknga, Aceh Besar kabupaten. Lokasi berdekatan dengan pantai Lhoknga dan dapat diambil melalui Banda Aceh - Calang (Aceh Jaya).

D. Akses Menuju Lokasi

Jarak lokasi pantai dengan kota Banda Aceh, ibu kota Provinsi sekitar 20 km. Dari Kota Banda Aceh dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang dari 20 menit. Jika mengambil angkutan umum, yang Labi-Labi (angkot) jurusan Banda Aceh-Lhoknga ditempuh sekitar 35 menit.

sumber: 3.bp.blogspot.com dan boykb.blogspot.com

No comments:

Post a Comment